oleh

Bupati Hebat, Lahat Terbebas Zona Merah Covid-19

Jurnalis Tirta KA – Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Penelusuran media ini, terungkap gerak cepat gabungan Operasi Yusitisi, diantaranya pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bekerjasama Polres dan Dandim 0405/Lahat untuk membebaskan Kabupaten Lahat dari kategori Zona Merah Covid-19 berjalan dengan baik.

Informasi terkumpul, Lahat bebas Zona merah tak luput dari penerapan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) dan penegakan Operasi Yustisi yang telah menjaring ribuan pelanggar Prokes tersebut.

Operasi Yustisi yang mengerahkan ratusan personil gabungan tersebut, menyisir tempat yang menjadi kerumunan seperti pasar, terminal, komplek perkantoran dan tempat wisata.

Terlihat, penegakan himbauan disiplin memakai masker tersebut adalah langkah konkrit Pemkab Lahat dalam memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19 serta meng-edukasi warga kabupaten lahat tentang pentingnya menjaga kesehatan diri dimasa pandemi.

Sementara Sekretaris Gugas Covid-19 Lahat Drs H Ali Affandi MPdi didampingi Jubir Taufiq Maryansa Putra SKM MM ditemui media ini di ruang kerjanya, Kamis (17/9/2020), mengaku langkah cepat dan terpadu untuk menerapkan Prokes adalah keputusan tepat dan hebat dari Bupati Lahat Bercahaya Cik Ujang SH. 

Terbukti, jelas Ali, dengan menerjunkan ratusan petugas Satpol PP ke titik lokasi tersebut membuahkan hasil yang sangat luar biasa dampaknya, tak sampai satu minggu sejak diumumkan Zona Merah oleh Satgaas Pusat kembali turun ke Zona Orange resiko sedang.

Ditambahkan Taufiq, pihaknya mendapatkan informasi Zona Merah ke Zona Orange itu dari pusat portal website peta resiko pembagian zona.

Ditanya soal kenapa ditabel tersebut tertanggal 13 september 2020 dan baru direlease hari ini. Taufik memberikan jawaban, karena dalam menyampaikan keterangan kepada publik pihaknya harus benar benar cermat dan teliti.

“Kita harus teliti dan cermat, maka setelah dilakukan croscek dan diyakini bahwa informasi tersebut Valid baru kita umumkan ke publik,” beber Taufiq.

Diungkapkan Ali Affandi, bahwa Zona Orange bukanlah Zona Aman oleh sebab itulah operasi gabungan tersebut akan terus diberlakukan sampai masyarakat benar benar aman dan terkendali saat menghadapi pandemi dalam tatanan hidup baru.***

Bagikan

Komentar