oleh

Kapolres Lahat: “Luar biasa, Sampah Diolah Jadi Kerajinan Bernilai Jual”

Jurnalis Herlan – Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan, Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono SIK kunjungi Tempat Pengolahan Sampah (TPS) DP Partner. Kemarin Sabtu (12/9/2020).

Pantuan media ini, dalam kunjungannya Kapolres melihat bagaimana sampah diolah menjadi bahan bermanfaat dan menghasilkan nilai ekonomi oleh Anggotanya, Bripka Dodi Permana selaku pemilik DP Partner di Desa Endikat Ilir, Kecamatan Gumay Ulu.

“Luar biasa, sampah diolah menjadi kerajinan dan bernilai jual. Inovasi ini patut dicontoh,” jelas Kapolres disela sela kunjungan kepada media ini.

Lebih dari sekedar menghasilkan, sambungnya, pengelolaan sampah juga bagian dari upaya menjaga dan melestarikan lingkungan sebagai persembahan kita untuk diwariskan kepada anak cucu.

“Sebaliknya, jika tidak dikelola sampah bisa menjadi momok bagi warga itu sendiri dan Bripka Dodi ini bisa jadi contoh. Yakni Anggota Polisi yang bisa memanfaatkan sampah menjadi barang bernilai,” terangnya.

Lanjut Kapolres, tak hanya materi namun juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Untuk itu dirinya mengajak warga agar tidak membuang sampah sembarangan dan teruslah menjaga kebersihan lingkungan.

Usai kunjungan Kapolres, Dodi menjelaskan bahwa usahanya ini bermula dari keprihatinannya atas banyak sampah yang dibuang sembarangan hingga mencemari lingkungan.

Dodi tergerak untuk mengola sampah dengan memanfaatkan celah yang ada yang sebelumnya pada tahun 2011, menjadi awal mimpi Dodi, untuk menjadikan sampah barang yang bernilai. Kini Dodi, sudah sukses dengan pengolahan sampahnya hingga beromzet ratusan juta perbulan.

Selain menghasilakan omzet ratusan juta, usaha Dodi ini telah meraih berbagai penghargaan. Seperti Penghargaan Kalpataru Gubernur Sumsel tahun 2018, Kalpataru Kapolda Sumsel tahun 2020, penghargaan sebagai bentuk apresiasi dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan sederet penghargaan lain.***

Bagikan

Komentar