oleh

Pembangunan RS Pratama Lahat Segera Terwujud

Jurnalis Feriand – Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Pembangunan Rumah Sakit (RS) Pratama tipe D segera terwujud dengan terget pada tahun 2020 ini sudah mulai dilaksanakan pembangunan dan selesai tahun 2021 mendatang.

“Untuk tahap pertama tahun ini dianggarkan Rp 3 milyar. Sementara totalnya sekitar Rp 28 milyar, sekarang masih dalam proses tender,” terang Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Lahat, Limra Naufal ST kepada media ini. Minggu (6/9/2020)

Dijelaskan Limrah pembangunan tahap pertam RS Pratama seluas dua hektar itu awalnya akan dibangun ruang UGD, kantor administrasi dan rawat jalan. Lalu, akan dibangun berupa rawat inap, rawat jalan, poliklinik, kantor, laboratorium, UGD, kamar mayat, Radiologi, kantin, masjid termasuk parkiran.

Untuk diketahui, lokasi RS Pertama berada di dekat kawasan Unit Pembibitan dan Pembinahan Dinas Pertanian Lahat, tepatnya Desa Muara Danau, Kecamatan Tanjung Tebat.

Bupati Lahat Cik Ujang SH mengungkapkan dipilihanya lokasi tersebut, lantaran letaknya strategis berada di pinggir jalan lintas Sumatera, Lahat – Pagaralam.

Diharapkan adanya rumah sakit di kawasan tersebut bisa membantu warga di beberapa Kecamatan yang ada di sekitar rumah sakit. Sepeti Pagar Gunung, Kota Agung, Tanjung Tebat, Gumay Ulu, Mulak Ulu dan Kecamatan Mulak Sebingkai serta kecamatan lainya.

“Kalau di Merapi lebih dekat ke Muara Enim dan Lahat. Jadi di Tanjung Tebat lebih strategis dan tanahnya juga tanah Pemkab,” jelas Cik Ujang

Sedangkan untuk dana berasal dari APBD Provinsi. Kemudian dari APBD Kabupaten seperti aset tanah, DED, dan mobilernya.

Seperti diketahui sebelumnya, Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MM membantu pembangunan RS Pratama di Kabupaten Lahat, pada Februari lalu 2019 lalu saat kunjungan ke Kabupaten Lahat.

Bantuan rumah sakit pratama ini sebagai bentuk penghargaan bagi Pemerintah Daerah Lahat. Lantaran sudah UHC (Universal Health Coverage). Warga miskin dan mendekati miskin di Kabupaten Lahat ditanggung Pemda Lahat melalui BPJS Kesehatan.***

Bagikan

Komentar