oleh

“Hatinya PKK” Lahat Manfaatkan Pangan Rumah Tangga

Jurnalis Tirta KA
Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Dasar Situasi ditengah pandemi covid-19 yang ditengarai menimbulkan ancaman krisis pangan dan sesuai dengan anjuran Kementrian Pertanian. TP-PKK Kabupaten Lahat melalui Pokja III adakan lomba “Hatinya PKK”.

Hal ini diungkapkan Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang SH usai memberikan hadiah kepada pemenang lomba dalam program Halaman Asri, Tentram, Indah dan Nyaman (Hatinya PKK). Selasa (11/8/2020).

Dijelaskan Lidyawati, Pokja III yang membidangi masalah pangan mendorong upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi rumah tangga ditunjuk sebagai panitia Lomba Program Hatinya PKK sebagai Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan yang juga merupakan program unggulan TP PKK.

“Tentunya ini juga masuk ke Family Farming menyasar kepada orang-orang yang memang butuh kegiatan pemanfaatan pekarangan tidak hanya memenuhi kebutuhan pangan di tingkat rumah tangga, namun dapat juga mengurangi pengeluaran bahkan meningkatkan pendapatan rumah tangga jika dikelola secara maksimal,” bebernya.

Istri Orang Nomor Satu di Kabupaten Lahat ini berharap setiap rumah tangga mampu memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan secara berkelanjutan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, pemanfaatan serta pendapatan rumah tangga, terlebih pada kondisi pandemi saat ini.

“Pemanfaatan lahan pekarangan melalui program Hatinya PKK benar-benar dirasakan manfaatnya. Ketahan pangan bukan saja tentang kecukupan bahan pangan, namun juga menyangkut kemampuan memproduksi sendiri bahan pangan dengan memanfaatkan sumber daya lokal,” pungkas Lidyawati.***

Bagikan

Komentar