Kebakaran Rumah di Kandang Besi Tanggamus Kerugian Puluhan Juta, Damkar Terlambat Datang

Kab. Tanggamus23 Dilihat

Laporan wartawan : Bunawan

MEDIAPAGI.CO.ID – TANGGAMUS. Musibah kebakaran terjadi di Pekon Kandang Besi, Kecamatan Kota Agung Barat, Kabupaten Tanggamus pada Sabtu, 13 Januari 2024, sekitar pukul 04.00 WIB. Korban bernama Nurul Efendi (40).

Informasi yang diterima berdasarkan saksi kejadian, Rosilawati (35) dan Rohman Basri (50), memberikan informasi bahwa sumber api berasal dari kamar Rapadinata selaku anak korban.

Dugaan kebakaran mencuat, diantara akibat mengalami konsleting arus listrik, namun dugaan lainnya adalah karna obat nyamuk bakar seperti disebutkan Kakon Kandang Besi, Kota Agung Barat, Muhtar.

Namun keluarga dan warga setempat merasa kecewa atas keterlambatan Damkar yang dipicu kerusakan mobil dari Kota Agung, beruntung Damkar Semaka datang walaupun memang api berhasil dipadamkan warga.

Pihak kepolisian menyebut, tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang diduga akibat korsleting listrik tersebut, korban dan keluarganya berhasil menyelamatkan diri saat api mulai berkobar.

“Meskipun kerugian materi signifikan mencapai Rp70 juta sebab sejumlah barang korban ludes. Namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” kata Kapolsek Kota Agung, AKP Amsar dalam keterangan nya.

Amsar menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi dan korban, dimulai ketika api pertama kali diketahui oleh Nurul Efendi selaku pemilik rumah. Api cepat membesar dari kamar Rapadinata, anak korban Nurul Efendi.

“Saat itu juga, Rohman Basri dengan sigap membuka pintu depan, menyelamatkan penghuni rumah, serta barang-barang yang masih dapat diselamatkan,” jelasnya.

Kapolsek mengungkapkan, kebakaran berhasil dipadamkan oleh warga sekitar dilanjutkan pendinginan oleh tim pemadam kebakaran (Damkar) hingga pukul 06.00 WIB.

“Sejumlah personel dari Polsek Kota Agung, Damkar, dan petugas PLN berada di lokasi untuk membantu warga melakukan evakuasi sisa-sisa kebakaran,” ungkapnya.

Ditambahkan Amsar, adapun barang-barang yang menjadi korban kebakaran antara lain, dua lemari kayu, satu lemari etalase, satu sering bed, satu TV 20 Inchi, pakaian, peralatan rumah tangga, dan dokumen-dokumen penting.

“Dengan pemeriksaan rutin, tentunya dapat mencegah terjadinya korsleting listrik di rumah tinggal,” imbaunya.

Kakon Kandang Besi Muhtar menjelaskan, sebelum kejadian, anak pemilik rumah tengah menonton televisi pada malam hari di ruang tengah rumah tersebut.

“Mungkin waktu tidur tersenggol dan mengenai kasur di dekatnya. Api mulai membesar sekitar pukul 04.30 WIB. Kalau untuk kebakaran itu ada di bagian ruang tengah rumah,” kata Mukhtar.

Mengetahui api mulai membesar, warga sekitar langsung berdatangan untuk memadamkan api dengan alat seadanya yang ada di sekitar lokasi kejadian.

Namun, terdapat salah seorang warga yang yang memadamkan api dengan menggunakan pompa air.

“Warga pakai ember gotong royong padamin api sama ada yang pake selang karena punya pompa air,” tandasnya.

Terpisah, Kasi Pemadaman Dinas Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Tanggamus, Nuzirwan mengatakan, pihaknya menerima laporan sekitar pukul 04.35 WIB.

“Tapi waktu Pos Kota Agung Tanggamus mau meluncur mereka mengalami kendala mobil itu tidak bisa dihidupkan,” kata dia.

Nuzirwan menjelaskan, kendala tidak bisa hidupnya mobil tersebut lantaran adanya kerusakan di bagian aki mobil.

Atas dasar hal itu, pihaknya langsung menghubungi Pos Damkar di Kecamatan Semaka Tanggamus.

Namun karena jarak yang terlalu jauh, api terlebih dahulu dipadamkan oleh masyarakat setempat.

Bagikan

Komentar