PPMTI Koto Nan Ampek Pakan Sinayan Sudah Buka Pendaftaran Santri / Wati Baru Dimulai dari Sekarang 

Laporan wartawan : Rizki. AR

MEDIAPAGI.CO.ID – PAYAKUMBUH. Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah [PPMTI ] Koto Nan Ampek Kota Payakumbuh yang terletak di jl.Soekarno Hatta No.271 Koto Nan Ampek Kelurahan Pakan Sinayan Kota Payakumbuh Sumatera Barat , resmi  membuka pendaftaran  tingkat MTs [Tsanawiyah] dan Madrasah Aliyah [MA] bagi orang tua, ummi ,bapak / ibu yang ingin mendaftarkan anak – anak nya ,Rabu (7 Januari 2024 ).

PPMTI  Koto Nan Ompek Pakan Sinayan adalah sekolah agama yang didirikan oleh Syekh Alwi Bin Ibrahim beserta ulama besar luak nan bungsu ,seorang ulama termasyur di Payakumbuh pada masanya. Sebelum mendirikan MTI Koto Nan Ampek  Pakan sinayan, Syekh Alwi Bin Ibrahim yang merupakan murid dari Syekh Sa’ad al-Khalidi Mungka, Limapuluh Kota, pernah mengembangkan pendidikan dengan sistem halaqah pada sebuah surau di Simarasok, Baso, Kabupaten Agam.

MTI Koto Nan Ompek Pakan sinayan Kota Payakumbuh pernah melewati masa emasnya dari kurun 1938 sampai 1942, dengan jumlah muridnya mencapai 600 orang. Tidak hanya dari Sumatera Barat, tapi juga dari Malaysia. Namun sejak 1943, PPMTI Koto Nan Ampek Pakan sinayan mengalami kemunduran disebabkan dampak perebutan kekuasaan antara Belanda dengan Jepang di Indonesia, serta meninggalnya Syekh Alwi Ibrahim.

“Sejak 1992 sampai sekarang, saya dipercaya memimpin PPMTI Koto Nan Ampek Pakan Sinayan. Madrasah ini dulunya didirikan oleh Syekh Alwi Bin Ibrahim. Kemudian kepemimpinan beliau berturut-turut dilanjutkan oleh Syekh Zulkarnaini Thaher atau Buya Kara, Syekh Syamsuar, Buya Hasanul Hakim, Syekh HM Nur dan kepemimpinan sekarang ,” Ujar Pimpinan PPMTI Koto Nan Ampek Pakan Sinayan Buya  Drs.Erman Ali M.Pd .

lebih lanjut , PPMTI Koto Nan Ampek Pakan Sinayan  ini Memiliki Kurikulum yaitu Kurikulum Umum atau Diknas [Pendidikan Nasional], Kemenag dan juga kurikulum Pondok sehingga nanti nya Santri / wati Jikalau sudah tamat di sini akan memiliki 2  ijazah yang akan berguna bagi mereka untuk melanjutkan ke perguruan tinggi favorit dan perguruan tinggi agama dan pengabdian di masyarakat ,” dalam keterangan disampaikan oleh pimpin PPMTI Koto Nan Ampek Pakan Sinayan Buya Erman Ali .

Bagikan

Komentar