oleh

Terhitung April 2020, BUMDes Lahat Terbentuk 166 Desa

-Ekonomi-617 views

Jurnalis: Andika Eyek
Red – Barab Dafri. FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Kabupten Lahat saat ini bertambah mulai dari 150 desa pada tahun 2019 menjadi 166 desa atau sekitar 11 desa membentuk BUMDes pada triwulan pertama tahun 2020 ini.

“Pertambahnya jumlah BUMDes guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa dab memberdayakan masyarakat serta potensi desa. Dan jumlah tersebut mungkin akan nambah lagi karena ini kan baru awal tahun 2020,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMDes) Ekman Mulyadi SSos melalui Kabid Pembangunan UEM Kerjasama Desa DPMDES Lahat, Elis Suryati SE saat disambangi media ini di ruang kerjanya. Senin (6/4/2020).

Diterangkan Elis, pendirian BUMDes ini sangatlah penting, sebab dengan berdirinya BUMdes bisa membangkitkan perekonomian di desa. Terlebih bila dikelola dengan baik dan profesional.

“Kita terus dorong agar desa memiliki BUMDes. Harapannya semoga disetiap desa ada BUMdes, sehingga desa bisa meningkatkan pendapatan desa dan mengurangi pengangguran,”ungkapnya.

Sementara Dodi Kades Pengentaan Kecamatan Mulak Ulu, mengungkapkan bahwa awal tahun ini pihaknya membuat BUMDes dengan unit usaha jual beli durian, pariwisata dan kuliner.

“Untuk usaha durian sudah berjalan. Lalu pariwisata bukit masih dalam proses pembangunan. Sementara kuliner rencannya makanan khas daerah,” jelas Dodi.

Terpisah, Direktur BUMDes Kedaton Desa Ulak Pandan, Evan Yusup mengatakan, bahwa usaha yang didirikan oleh desa, sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Saat ini untuk pemberdayaan pengelolaan wisata Pelancu diserahkan kepada karang taruna, diharapkan kedepan akan ada usaha usaha lainnya untuk masyarakat di desa, agar bisa meningkatkan ekonomi maupun sumber daya manusia,” sampainya.***

Bagikan

Komentar