oleh

Wabup Lahat Bagikan Ribuan Bibit Ikan

Jurnalis: Feriand.
Red: Barab Dafri. FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id  –  Kelompok peternak ikan di Kabupaten Lahat mendapatkan bantuan ribuan bibit ikan.  Bantuan aecara simbolis dibagikan oleh Wakil Bupati Lahat, H. Haryanto, SE, MM Jumat (28/8/2020). Bantuan bibit ikan itu berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang didistribusikan melalui Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT) Jambi.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lahat, Deswan Irsyad mengutarakan, bantuan bibit ikan tersebut sebanyak 210 ribu ekor, terdiri 160 ribu ekor bibit ikan mas, 30 ribu ekor bibit ikan patin, dan 20 ribu ekor bibit ikan nila, serta 650 kilogram pakan ikan. Bantuan bibit ikan itu, kata Deswan, diberikan kepada 20 kelompok peternak ikan yang tersebar di 9 kecamatan. 

“Kelompok yang mendapatkan bantuan ini adalah kelompok yang telah berbadan hukum dan diverifikasi BBIAT,”ujarnya, Jumat (28/8/2020)

Sementara itu, Wakil Bupati Lahat, H. Haryanto, SE, MM menyambut baik bantuan bibit ikan itu, karena Kabupaten Lahat masih membutuhkan banyak suplai ikan untuk dikonsumsi. 

“Lahat ini butuh 2 ton ikan kebutuhan perharinya,” tukasnya.

Wabup mengutarakan, saat ini dibutuhkan peran serta kelompok perikanan untuk mengembangkan perikanan, sehingga kebutuhan ikan masyarakat dapat terpenuhi.

“Harapan bagi kelompok penerima, agar ikan ini dipelihara dengan baik sehingga hasilnya dapat dinikmati bersama. Menurut pengalaman peternak ikan, untuk ikan nila itu sekitar 3 bulan sudah bisa dipanen,” sampai  Haryanto.***

Bagikan

Komentar