oleh

BUMDes Belum Maksimal, P3MD Kab OKI Lakukan Pembinaan di Kecamatan Pedamaran

PEDAMARAN | mediapagi.co.id–Tim Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Yuli Andriani. SKM, mengadakan pembinaan pengurus BUMDes se-Kecamatan Pedamaran. Kegiatan tersebut dilaksanakan ditiga lokasi yaitu, Desa Menang Raya, Desa Pedamaran 3 dan Desa Serinanti.

Menurut Yuli Andriani, SKM, anggaran dana Bundes di Kab OKI mencapai ratusan milyar rupiah, sedangkan Bundes yang ada 300 Desa, hal ini masih belum maksimal, maka dari itu seluruh Tim P3MD dibagi 18 Kecamatan serentak melakukan pembinaan, sementara untuk anggaran dana Bundes di kecamatan Pedamaran lebih kurang sebesar Rp 1 Miliyar dibagi untuk 14 Desa. Yuli Andriani, SKM didampingi Ningsi menambahkan bahwa Desa di Kab OKI juga dapat bantuan permodalan dengan cuma- Cuma sebesar Rp 50 juta dari Kementrian yaitu Desa Mesuji, dan Kecamatan Sp. Padang. Ungkapnya, kepada wartawan mediapagi.co usai memberikan pembinaan terhadap empat( 4) desa, bertempat di SMA Merantih (29/9/20) dalam kesempatan itu hadir Jhoan Staf Pemerintaan Desa Kecamatan dan Barap Bandarsyah Staf Pelayanan Umum Kecamatan.

Dikatakannya, tujuan dari kegiatan pelatihan Bundes tersebut untuk kemajuan ekonomi produktif, seperti kerajian tikar yang bahan bakunya adalah purun dan kelempang maupun kerupuk. “Semua kerajian masyarakat tersebut bisa dimasukan kedalam Bundes, sehingga pemasarannya menjadi luas, Jadi jangan gagal paham keberadaan Bundes bukan untuk mematikan usaha masyarakat, namun untuk memajukan usaha dan perekonomian” Ujarnya

Selain itu kita juga berikan arahan bagaimana cara meningkatkan penghasilan BUMDes dan juga usaha mana saja yang dilegalkan dalam penggunaan dana BUMDes biar tepat guna. “Ya tentunya kita juga berikan motivasi agar BUMDes ini bisa mandiri kedepannya dan dapat menambah PADesa,” ucapnya.

Dari ke empat Desa yang ada di Kecamatan Pedamaran, Desa Menang Raya yang diwakili oleh Pikri telah melaporkan baru ada modal untuk beli kursi plastik dan pengeras suara, kemudian Desa Pedamaran 6 melaporkan ada investasi Rp 30 juta, uang tersebut dibelikan mesin Jahit sebanyak 20 unit, namun belum berjalan, ucap Sekdes Pedamaran 6 dan Desa Sukapulih melaporkan Bundes lapak karet, sedangkan Desa Bernai Timur melaporkan belum ada permodalan untuk Bundes.

Adanya program pembinaan BUMDes di Kecamatan Pedamaran, Kades Menang Raya Suparedi.S.Pd sebagai perwakilan Desa sekaligus sebagai tuan rumah, mengucapkan terima kasih dan ia berharap pelatihan BUMDes ini dapat bermampaat untuk kepentingan perekonomian masyarakat yang ada Desanya. (dp)

Bagikan

Komentar