oleh

Forkopimda Lahat Gelar Koordinasi Penanggulangan Penyebaran Virus Corona

Red – Barab Dafri. FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Penanggulangan penyebaran Virus Corona, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lahat gelar rapat koordinasi bertempat di Oproom Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat. Selasa (7/4/2020).

Hadir rapat koordinasi itu, Wakil Bupati (Wabup) H Haryanto SE MM, Dandim 0405/Lahat Letkol Kav H Sungudi SH MSI, Kapolres AKBP Irwansyah SIK MH CLA, Kajari Jaka Suparna SH, Ketua Pengadilan Negeri Yoga Dwi Ariastomo Nugroho SH MH, Ketua DPRD Fitrisal Homizi ST, Sekda Januarsyah Hambali SH. MM dan OPD serta undangan lainnya.

Saat menyampaikan kata sambutan, Wabup mengajak patuhi bersama aturan protokol kesehatan, agar bisa terhindar dari virus covid-19 dan salurkan bantuan sembako untuk masyarakat Kabupaten Lahat yang kena dampak virus covid-19. Dan apabila keluar dari rumah kita harus pakai masker, disamping itu, kalau ada warga pulang dari zona merah harus di isolasi mandiri selama 14 hari.

Sementara Dandim 0405/Lahat menyarankan dengan anggaran yang dilokasikan pemda harus tepat dan sesuai. Seperti membeli masker, kalau bisa berdayakan UKM, agar himbau pemerintah lebih efektif. Bagi warga pendatang atau pulang kampung dihimbau jangan mudik dulu untuk pencegahan virus covid-19.

“Saran kami protokol kesehatan, warga yang datang dari zona merah wajib karantina atau isolasi mandiri, ODP di karantina terminal batai. Jadi orang dari luar datang mengurunkan minat untuk pulang kampung ada karantina terbatas, dengan maksud agar orang orang tidak masuk ke Kabupaten Lahat,” terangnya.

Ditambahkan Dandim, gugus tugas ada para medis, anggota Pol PP, TNI dan Polri merupakan garda terdepan untuk mencegah covid 19 yang diperhatikan oleh pemda. Khusunya para medis terdepan untuk penaganan covid-19 ini serta tugas Kodim sebagi pembinaan wilayah.

“Ketersedian pangan kami menghimbau seperti penanaman singkong, jagung, pisang, untuk ketahan pangan dengan hasil panen bisa diserap pemda bulog agar tidak dijual keluar Kabupaten Lahat. Diharapkan kerjanya optimal, jaga jarak memakai masker, ditekankan kepada kades agar membuat spanduk himbauan masalah virus covid-19,” imbuh Dandim.

Kapolres Lahat menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pemasangan spanduk spanduk terkait informasi tentang virus covid-19 kepada masyarakat dan telah sosialisasi ke tokoh agama, pemuda, baik formil dan non formil, himbauan yang menjadi panutan dan didengar oleh masyarakat agar disiplin terhadap himbauan.

“Kami juga telah melakukan patroli dilakukan 2 jam sekali, bentuk sinergi TNI Polri untuk membubarkan masyarakat berkumpul dan menghimbau yang sakit atau tidak sakit diwajibkan memakai masker dan jaga jarak efiktip 2 meter. Untuk situasi darurat maka kami akan melakukan patroli di objek vital bersama anggota TNI, supaya kegiatan masyarakat berjalan lancar dan kondusif. Mudah mudahan sispam kota ini, dalam pelaksanaannya dibekali gas air mata,” pinta Kapolres.***

Bagikan

Komentar