oleh

Kadin DLH: “Ayo Sukseskan Indonesia Bersih dan Bebas Sampah”

Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat menyambut baik Program Pemerintah Pusat dalam mewujudkan dan menciptakan Indonesia Bersih dan Bebas Sampah, sesuai Surat Direktur Jendral pengelolaan sampah limbah dan bahan beracun berbahaya.

Untuk itu, Kepala DLH Lahat, Ir Agus Salman saat ditemui media ini Jum’at (18/09/2020) didampingi Kabid LB3 DLH M Jhonliadi SE mengajak masyarakat Lahat berperan serta “Aksi Clean Up dan pilah sampah dari rumah menuju Lahat Bercahaya”.

Dibeberkan Agus, Pemerintah Indonesia yang di sampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan dari koordinator Asia untuk mengajak dukungan kegiatan WCD (World Cleanup Day) Indonesia 2020.

“Kegiatan WCD itu akan dilaksanakan besok 19 September 2020, berupa Aksi Cleanup dan pilah sampah dari rumah dengan tema bersatu untuk Indonesia bersih,” sambungnya.

Berkenaan dengan itu. Lanjut Agus, dalam mendorong peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah, ada Aksi bagian dari WCD Indonesia yang serentak dilaksanakan di Indonesia namun tetap mengikuti Protokol Kesehatan.

“Jadi, mulai sekarang kita coba buat mengubah paradigma dari sampah yang tadinya langsung buang menjadi sesuatu yang berguna lewat pemilahan sampah yang baik, biar bisa menekan angka timbunan sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir atau TPA,” imbuh Agus.

Agus mengajak Aksi pilah sampah di mulai dari lingkungan terkecil yakni lingkungan keluarga. Maka itu, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lahat Ayo sukseskan Program pemerintah, Bersatu untuk Indonesia bersih. Mari bersihkan di sekitar tempat lingkungan masing masing.

“Terlebih masa pandemi Covid-19 ini, Ayo terapkan 3M yaitu Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dan walau ada kegiatan protokol Covid harus tetap di terapkan,” saran Agus.

Terpisah pemerhati sampah, Dodi Permana Partner DLH Lahat yang juga dari pihak Bank Sampah menyampaikan Memperingati WCD menjadi momentum seluruh lapisan masyarakat untuk bersatu dalam meningkatkan kesadaran mengelola sampah.

“Terkait masa Pandemi Covid-19 ini, diharapkan masyarakat tetap dapat mendukung aksi WCD dengan memilah sampah dari rumah dan memanfaatkan sampahnya secara bertanggung jawab.***

Bagikan

Komentar