oleh

Tebar Bibit Ikan, Kehadiran Bupati Lahat Meriahkan Bekarang

Jurnalis Tirta KA
Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Tradisi Mencari Ikan atau istilah bahasa derah Kabupaten Lahat sebutan Bekarang, beberapa hari ini dilakukan secara serentak. Bahkan beberapa desa laksanakan Bekarang ulang kedua.

“Secara langsung Bupati Lahat, Pak Cik Ujang dan Wabup Pak Haryanto ikut hadir meriahkan acara Bekarang,” terang Kepala Dinas (Kadin) Perikanan, Drs H Deswan Irsyad MP di saat jumpa media ini di Kantor DPRD Lahat. Senin (3/8/2020).

Kehadiran, sambungnya, Bupati dan Wabup beserta rombongan pejabat Pemkab Lahat. Selain meriah, juga sebagai penyemangat warga di kegiatan Bekarang pada Kamis 30 Juli 2020 di Lubuk Larangan kawasan Desa Pagar Din Kecamatan Kikim Selatan.

“Saat kesempatan itu, Pak Bupati Lahat Cik Ujang SH menjelaskan kepada yang hadir bahwa tak hanya Bekarang, beliau juga sangat tertarik untuk ke desa desa karena dapat melihat secara langsung kondisi apa yang dialami oleh masyarakatnya,” ungkap Kadin.

Dilanjutkan Kadin, Bupati Lahat membeberkan rencana untuk tahun 2021 yang akan membuat program pembibitan ikan dan nantinya akan dibagi di beberapa desa yang mempunyai Lubuk Larangan.

“Saya berharap kepada Kepala Desa dan masyarakat agar dapat menjaga kelestarian sungai, ingat jangan ada masyarakat yang menangkap ikan dengan mengunakan racun atau dengan Strum,” imbuhnya.

Lebih jauh dikatakan Kadin, acara Bekarang di Lubuk Larangan kawasan Desa Pagar Din tersebut Bupati lakukan pelepasan ribuan bibit Ikan. Diantaranya bibit Ikan Mujair, Lele, Patin dan Ikan Nila.***

Bagikan

Komentar