oleh

Bekarang Besame di Desa Gunung Kembang Meriah

Jurnalis Asmuni
Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Informasi dihimpun, Tradisi Bekarang Besame merupakan salah satu tradisi yang sudah ada secara turun temurun warga Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur.

Acara Bekarang Besame kali ini dihadiri unsur Tripika Kikim Timur, Pemdes, Ketua BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan masyarakat Desa Gunung Kembang.

Saat menyampaikan kata sambutan, Kades Gunung Kembang Sulaiman Efendi SE mengatakan bahwa kegiatan ini adalah merupakan salah satu wujud kebersamaan masyarakat Gunung Kembang dalam menjaga tali silaturahmi dan melestarikan budaya dari leluhur dalam Tradisi Bekarang Besame.

“Disamping itu, Tradisi Bekarang Besame ini juga merupakan perwujudan dari Sinergritas antara pengurus Lubuk Larangan Karya Bersama dengan masyarakat dan Pemdes Gunung Kembang,” jelas Sule sapaan akrab sang Kades.

Sementara Kapten Agus menerangkan dirinya mewakili TNI dan Polri menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap bersinergi menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan serta marilah kita bersama-sama untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan khususnya ekosistem sungai demi anak cucu kita nanti.

Selanjutnya, Camat Kikim Timur Pebroni SE MM dengan resmi membuka acara Bekarang Besame, namun tentunya sebelum acara dibuka Camat memberikan beberapa wejangan buat seluruh masyarakat yang ikut mencari ikan agar selalu berhati-hati.

“Dengan mengucap basmallah, acara Bekarang Bini kami dibuka secara resmi, namun saya ingatkan untuk seluruh masyarakat yang ikut langsung terjun ke sungai Kikim ini agar selalu berhati-hati, jaga keselamatan diri kita,” imbuh Camat.*

Bagikan

Komentar