Cik Ujang: “Jika Ada Pungli BLT DD, Bawa Ke Polisi”

Pemerintahan362 Dilihat

Jurnalis: Andika Eyek
Red – Barab Dafri. FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Bantuan Langsung Tunai (BLT) anggaran Dana Desa (DD) perdana di Desa Ulak Lebar Kecamatan Lahat Kota sebanyak 84 Kepala Keluarga (KK) secara simbolis diserahkan Bupati Lahat, Cik Ujang SH. Selasa (12/5/2020).

Usai penyerahan bantuan tersebut, orang nomor satu di Bumi Seganti Setungguan itu menegaskan agar Kepala Desa (Kades) benar benar memberikan bantuan kepada warga yang layak mendapat bantuan berdasarkan data.

“Mana yang berhak menerima, kasih. Jangan ada anggapan bahwa hanya Tim Sukses Kades atau Bupati tapi berikan kalau dia layak, tanpa melihat apakah warga tersebut salah satu anggota pendukung Kades atau Bupati,” jelasnya.

Jika, sambung Bupati, ditemukan Pungutan Liar (Pungli) dalam kegiatan BLT DD ini maka untuk sanksi yang melakukan pungli, pihaknya juga tak segan segan melaporkannya ke pihak kepolisian untuk diproses secara hukum.

“Ayo para Kades dan perangkat, kalau mau bantu masyarakat, silakan bantu saja dan jangan ada pungli atau meminta fee. Mari kita beramal untuk dunia dan akhirat,” ajak suami Lidyawati SHut ini.

Semantara, Kades Ulak Lebar, Evi Fitri Yanti mengungkapkan bahwa sebelumnya telah dilakukan validasi data bersama relawan agar tidak terjadi tumpang tindih bantuan. Sehingga penerima PKH, BLT DD dan bantuan lainnya tidak sama. Selanjutnya BLT DD tersebut akan dibagikan setiap bulan selama tiga bulan kedepan.

Terkait bila ada pungli yang dilakukan oknum perangkat desa, pihaknya siaop menjalankan instruksi Bupati untuik tidak segan segan memberikan sanksi tegas. Bila perlu kita pecat jadi perangkat desa.

Kapolsek Kota Lahat Iptu Irsan SE mengungkapkan bahwa pihaknya melalui Bhabinkambtimas dan Babinsa siap mengawal, memperhatikan dan memberi saran, agar penyaluran BLT DD tepat sasaran.

“Kita mengecek validasi data mengkonfirmasi dan mengecek ulang agar bantuan tepat sasaran,” tambah Danramil 405-12 Kodim 0405 Lahat Kapt Kaw Dwi Satrio.

Sementara Kadis PMD Ekman Mulyadi S.Sos bahwa BLT DD perdana dilakukan oleh Desa Ulak Lebar. Namun akan diikuti oleh kepala desa lainnya.***

Bagikan

Komentar