oleh

Dewan Minta Kades Tingkatkan Keahlian Tenaga Kerja Lokal Di Perusahan Batubara Lahat

Jurnalis: Andika Eyek
Editor: Barab Dafri. FR

Caption Foto: Anggota DPRD Lahat Dapil II Merapi Hj Yunani

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Keberadaan banyak perusahan di Kabupaten Lahat, khususnya perusahaan pertambangan di daerah Merapi Area, belum sepenuhnya memanfaatkan tenaga kerja dari putra putri daerah asli Bumi Seganti Setungguan.

Hal itu, rupanya menjadi perhatian anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Dapil II Merapi, Hj Yunani ketika dijumpai media ini, Rabu (11/3/2020) di ruang kerjanya.

Yunani mengungkapkan, pada berbagai momen penerimaan pegawai, perusahaan selalu menyampaikan calon karyawan harus memiliki skil atau keahlian. Sedangkan pemuda pemudi yang baru menyelesaikan pendidikan tingkat SMA masih banyak belum memiliki keahlian. Dirinya menyarankan agar perusahaan memberikan pelatihan.

“Saran saya, pihak perushaaan seperti tambang memberikan pelatihan kepada para pemuda ini pelatihan. Sehingga nanti apabila mereka selaku pihak perusahaan perlu karyawan mengambil pemuda yang sudah dilatih itu,” sambungnya.

Karena, menurut Politisi Partai PKB ini bisa saja terjadi, dengan catatan dimusyawarahkan kepada kepala desa masing masing.

“Ini kemungkinan besar bisa, tapi harus diketuai kades melalui musyawarah, saya pesankan ini kepada kades agar bisa dilaksanakan dan ditindak lanjuti,” tegasnya.

Bagikan

Komentar