Gali Potensi Wisata Lahat, Cughup Gunung Nyawe

Pariwisata835 Dilihat

Jurnalis Feriand – Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Wisata air terjun di Kabupaten Lahat kali ini biasa disebut Cuhup Gunung Nyawe, berlokasi di Desa Talang Sejemput, Kecamatan Lahat Selatan, menjadi alternatif wisata yang wajib dikunjungi.

Kepala Dinas Pariwisata Lahat, Safrani Cik Min ditemui disela sela kunjungan ke Cuhup Gunuung Nyawe tersebut menuturkan, bahwa secara bertahap akan menggali potensi yang ada bekerjasama dengam Pemerintah Desa (Pemdes) dan Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Lahat Selatan. Rabu (2/9/2020).

Ditambahkan Safrani, pihaknya berharap daerah tersebut dapat di inventarisir, secara bertahap akan diupayakan dibangun fasilitas fasilitas yang diperlukan tempat wisata yang memiliki pesona air terjun dengan ketinggian mencapai 80 meter tersebut.

“Kedepan secara bertahap Dinas Pariwisata akan menggali potensi yang ada bekerjasama dengan Pemdes dan Pemkec secara bertahap akan kita upayakan dibangun fasilitas jalan dan fasilitas lainnya yang diperlukan di tempat wisata ini,” jelasnya.

Tak hanya itu, Safrani juga mengungkapkan pihaknya juga akan mengupayalan membangun mental masyarakat setempat, dengan menawarkan masyarakat untuk segera membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Masyarakat selaku tuan rumah menerima manfaat sekaligus kita sebagai selaku mendukung sepenuhnya program pemerintah di bidang pariwisata, yang paling utama pembangunan di pariwisataan adalah kesadaran masyarakat,” urainya.

Untuk itu, lanjut Safrani, pihaknya akan mewujudkan sapta pesona karena tanpa penerapan satpa pesona sebagus apapun wisata kalau tidak didukung masyarakat dan percuma saja.

Masih kata Safrani, dalam pengelolaan tempat wisata harus dibarengi dengan terjaminnya keamanan dan kenyamanan pengunjung atau wisatawan, ketertiban, kebersihan tempat wisata, serta keramahan masyarakat setempat.

“Ayo berwisata ke Lahat, karena potensi wisata di Lahat banyak sekali yang unik dan menarik,” ajaknya

Sementara, Kepala Desa Talang Sejemput, Nirmawansyah menerangkan, Cughup Gunung Nyawe merupakan wisata andalan desa. Memliki tinggi sekitar 80 meter, yang bisa ditempuh sekitar 18 kilometer dari Kota Lahat.

“Dari Desa bisa berjalan atau pakai motor jarak tempuh sekitar 500 meter dari pintu masuk, untuk karcis atau tiket masuk itu seikhlasnya,” bebernya.*

Bagikan

Komentar