oleh

Pesona Danau Biru Kabupaten Lahat

-Pariwisata-1,146 views

Jurnalis Tirta KA
Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Berwisata ke Desa Keban Kecamatan Kota Lahat menemui sensasi keindahan alam luar biasa yang mempunyai daya tarik hingga kepuasan mata memandangannya.

Selain destinasi Air Terjun Kandis, kunjungan wisatawan juga akan menemukan keindahan Danau Biru yang mempesona.

Danau yang terbentuk dari hasil explorasi tambang batu bara pada tahun 2009 tersebut memiliki pesona indah, dengan warna birunya yang cantik sangat menggoda untuk memuaskan mata.

Berdiameter sekitar 100 meter persegi dengan kedalaman 30 meter serta bentang lahan yang bisa memacu adrenalin pengunjung dengan warna biru yang dihasilkan dari repleksi kecerahan warna langit tersebut merupakan spot istimewa untuk penghobi fotografi yang menginginkan foto sempurna saat sunset tiba.

Sangat cocok bagi pehobby olahraga extreem seperti motor trail lokasi disekitar danau biru sangat cocok dijadikan tempat latihan motocross karena tingkat kesulitan medan latihan sangat mendebarkan, dengam adanya tebing dan lembah yang curam.

Uniknya pula lokasi danau biru bisa memanjakan para mancing mania dengan adanya kolam bekas sisa galian yang dihuni oleh ikan ikan monster jenis patin yang berukuran diatas 5 kilogram bahkan menurut kades setempat ismed setiawan bahkan ada ikan patin yang berukuran lebih dari 15 kilogram.

Selain ikan ikan patin ditempat itu juga terdapat jenis ikan mas namun yang lebih mendominasi ekosistem air adalah jenis ikan mujahir dan ikan nila yang rata rata berukuran setengah kiligram

“Tempat ini memang istimewa untuk dikunjungi disaat matahari tenggelam atau sunset tiba. Karena menyajikan pemandangan yang luar biasa indah dengan nuansa merah jingga,” terang salah satu pengunjung, Mario.

Sedangkan Kepala Desa Keban, Ismet Setiawan mengajak penikmat wisata alam di Kabupaten Lahat agar sebaiknya berkunjung pada jam 15.00 wib karena cuaca tidak terlalu terik.

“Memang untuk saat ini fasilitas penunjang kawasan wisata ini masih belum memadai tapi kedepan akan kita usahakan menjadi lebih baik lagi karena minat masyarakat yang berkunjung kemari sangat luar biasa,” imbuh ismet.***

Bagikan

Komentar