oleh

Kodim 0405/Lahat Patroli Ribuan Pendaki Bukit Besak

-Peristiwa-1,916 views

Jurnalis Daus
Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Tim Patroli pihak Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat terhadap sekitar 2000 pendaki Bukit Besak Lahat terkait Protokol Kesehatan (Prokes) masa Pendemi Covid-19 ini.

“Hari ini kami patroli didampingi Unit Intel Kodim 0405/Lahat dan Provam Polsek Merapi Barat dan Kecamatan Merapi Selatan ke Bukit Besak untuk meninjau ratusan pendaki terkait Prokes,” terang Danramil 405-02/Merapi, Kapten Inf Sudiono kepada media ini disela sela patroli. Senin (17/8/2020).

Selain itu, tambah Danramil, pihaknya juga didampingi Sekcam Merapi Selatan, Kepala Puskesmas Merapi Selatan, Kepala Desa Tanjung Beringin dan Ketua Panitia Bukit Besak.

“Berlangsungnya patroli kami menggunakan Mobil Ambulance yang disiagakan di Desa Tanjung Beringin dan dilanjut patroli menuju puncak bukit besar dengan berjalan menyusuri lereng gunung,” jelasnya.

Danramil menguraikan, terdata ratusan pendaki Bukit Besak itu datang selain dari Lahat juga dari berbagai daerah di Sumatra Selatan dan provinsi terdekat. Diantaranya asal Provinsi Jambi dan Bengkulu. Ada juga dari Kabupaten Musi Rawas, Kota Lubuk Linggau, Kota Palembang dan dari Kabupaten Ogan Komering Ulu.

“Semuanya terdata sejumlah pendaki yang terdata di Pemerintah Desa sekitar 2000 orang. Dan temuan saat patroli, ada pendaki cidera kaki dari Palembang, 6 depresi di evakuasi dengan di tandu menuju cek poin dan kendaraan roda 2 menuju ambulan, ada lagi 2 yang pingsan,” lanjutnya.

Diungkapkan Danramil, pihaknya menindak 1 pendaki yang sudah di evakuasi dengan kendaraan roda dua dan 1 pendaki masih berada di atas bukit sedang dalam upaya evakuasi. Hal ini sebagai upaya yang di lakukan Tim patroli melakukan upaya pemulihan supaya bisa di evakuasi ke cek poin.

“Setiba di puncak bukit besak dan melaksankan protokol kesehatan terhadap pengunjung dengan penyampayan ke masyarkat agar tetap mejaga jarak dan menggunakan masker,” pungkas Kapten Inf Sudiono.***

Bagikan

Komentar