Menggiurkan, Tak Berizin Harga Jual Usaha Walet Lahat Ratusan Juta Per-Kg

Peristiwa354 Dilihat

Red – Barab Dafri. FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Informasi yang dihimpun media ini, terkuak bahwa hasil usaha penangkaran burung walet khususnya di jantung Kota Lahat memang menggiurkan. Walau tak berizin resmi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat, namun mampu dijual dengan harga belasan juta rupiah setiap kilonya.

“Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Lahat, saya yakin sekali sarang burung walet yang berbentuk gedung gedung tinggi di tengah Kota Lahat itu tidak punya izin resmi dari pihak Pemeritah,” terang Iwan, pengamat Bisnis Walet saat ditemui Rabu (1/4/2020).

Namun, sambung Iwan, walau diduga kuat tak berizin harga jual perkilo usaha burung walet tetap tinggi dimulai delapan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah. Semisal harga hasil usaha burung walet yang berkelas udang atau teri itu bekisar harga Rp 8 juta perkilo.

“Untuk harga perkilo hasil usaha dari burung walet kelas penjuru sebesar Rp 11 juta dan kelas mangkok atau biasa disebut kelas super senilai Rp 14 juta. Sedangkan harga perkilo yang sangat menggiurkan jika diolah atau sudah diopen itu sebesar Rp 120 juta dijual ke Singapura,” beber Iwan.

Iwan menyayangkan kepada pihak Pemkab Lahat yang tidak bisa mengambil pajak atau retribusi secara resmi kepada usaha walet yang tidak berizin karena tidak ada payung hukumnya.

“Saya berharap kepemimpinan Pak Cik Ujang ini agar lebih tegas demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Bumi Seganti Setungguan ini. Tak hanya itu, dampak yang dirasakan masyarakat sekitar sarang burung walet sangatlah tidak nyaman, baik bising maupun aroma limbah kolam walet sangat menyenggat hidung” tegas Iwan.

Sementara beberapa waktu lalu salah satu pemilik sarang burung walet, Andi tidak berhasil ditemui. Tapi istri Andi memberikan nomor WhatsApp 0813-7786-XXXX untuk mengkonfirmasi perihal izin usaha suaminya itu.

Saat dihubungi nomor WA tersebut mengaku Handphone ini lagi dipegang Adiknya Andi dan untuk Izin sudah ada SIUP dan TDP. Ketika ditanya izin usaha walet, dirinya tidak bisa menjawab dan berjanji akan disampaikan ke Andi.

Perlu diketahui sarang burung walet Andi ini berbentuk gedung tinggi menjulang di jantung Kota Lahat dengan posisi lantai bawah berisi barang dagangan skala besar berjualan bahan semua kebutuhan peternakan dan perkebunan.*

Bagikan

Komentar