oleh

Ratusan Napi Lapas II A Lahat Raih Remisi Umum

Jurnalis Daus
Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75, sebanyak kurang lebih 200 Nara Pidana (Napi) mendapat remisi umum di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Lahat.

Pemberian remisi dengan tema”Indonesia Maju Tetap Pasti Di Masa Pandemi” dihadiri oleh Bupati Lahat Cik Ujang SH, Wabup H Haryanto SE MM, Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Shawaf Al Amien SE diwakili Kapten Kav Dwi Satrio Danramil 405-12/ Kota Lahat.

Selain itu, tampak hadir pula Kapolres Lahat AKBP Irwansyah SIK diwakili Kabagren Polres Lahat Kompol Soerahmad, Kajari Lahat Fihtrah SH, Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST, Kalapas kelas ll A Lahat Maliki SH MH, Ketua pengadilan Negeri Lahat Yoga Dwi Nugroho SH, SKPD Pemkab Lahat dinas terkait.

Terlihat juga Seluruh Staf beserta ibu ibu Kalapas ll A Lahat, Pimpinan Bank BRI dan Bank Mandiri, Pimpinan Pertamina, Pimpinan PT Primanaya.

Kalapas II A Lahat, Maliki SH MH saat menyampaikan kata sambutan mengucapkan selamat datang Bupati beserta rombongan unsur Muspida dan tamu undangan lainnya dapat hadir dalam rangka acara pemberian remisi di Lapas Kelas ll Lahat.

Adapun, tambahnya, acara hari ini pemberian remisi kepada tahanan dan Narapidana di Lapas kelas ll A Lahat dalam rangka HUT RI ke 75 dan berdasarkan surat Menteri Hukum dan Ham dalam pemberian remisi diberikan secara virtual seluruh Indonesia kepada kurang lebih 200 orang Tahanan dan Narapidana

“Saya mengharapkan dukungan dan kerjasama dalam peningkatan berbagai kapasitas dan fasilitas yang ada di lapas kelas ll Lahat dan mendengarkan sambutan secara Virtual Menteri Hukum dan HAM,” imbuh Maliki.

Sementara Bupati Lahat, Cik Ujang SH menyambut baik acara pemberian remisi kepada Tahanan dan narapidana dengan mengajak warga binaan agar dapat menerapkan Protokol Kesehatan dalam menghindari wabah Covid-19.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Lahat, saya sangat mendukung dan mengapresiasi kinerja Kalapas beserta staf dalam mendukung terselenggaranya acara hari ini serta saya mengharapkan agar lebih meningkatkan fasilitas dan prasarana di Lapas kelas ll A Lahat,” terangnya.

Lanjut, Bupati memberikan ucapan selamat kepada Tahanan dan Narapidana yang sudah mendapat remisi dan penilaian yang baik semoga bermanfaat dan menjadi pengalaman.

“Kepada wargaku yang sedang menjalani masa binaan harap bersabar menunggu masa binaan selesai dan tekadkan dalam diri bahwa setelah selesai dan keluar dari sini tidak akan pernah kembali lagi kesini untuk dibina,” tegas Bupati.

Berdasarkan data, pemberian remisi berjumlah 200 orang dewasa dengan rincian Remisi Umum (RU) I diberikan 1 bulan 72 orang, 2 bulan 49 orang, 3 bulan 49 orang, 4 bulan 23 orang dan remisi 5 bulan 7 orang. Serta remisi 5 bulan 1 orang. Serta RU II dikasihkan 5 bulan untuk 1 orang atas nama Indra bin mamad.

Sedangkan jumlah isi Lapas Kelas II A Lahat saat ini ada 364 Orang, dengan jumlah tahanan Laki laki 40 orang, Wanita 4 orang dan Anak laki 4 orang. Sementara, isi Napi Laki laki 302 orang, Perempuan :14 orang.***

Bagikan

Komentar