oleh

Bengkulu Gempa, Lahat Bergoyang

Jurnalis Tirta KA
Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Informasi didapat subuh tadi Rabu (19/8/2020) sekira pukul 05:23:56 Wib, Bencana Gempa berkekuatan magnitudo 6,9 yang mengguncang Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Membuat Kabupaten Lahat ikut bergoyang.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 169 Kilometer barat daya Bengkulu. Episenter gempa tersebut berada di koordinat 4.50 LS-100.91 BT.

BMKG memastikan, gempa dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami, dan memberi peringatan terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi. Namun, untuk sementara belum ada laporan terkait dampak dari gempa bumi tersebut.

Berselang tak lama, gempa kembali menggetarkan Provinsi Bengkulu. Kali ini, gempa berkekuatan magnitudo 6,8 terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara pada Rabu (19/8/2020) pukul 05:29:35 WIB.

Masih informasi, BMKG melaporkan pusat gempa berada di 78 km barat daya Kabupaten Bengkulu Utara atau pada koordinat 3.74 LS-101.56 BT.

Titik gempa berada di kedalaman 10 Kilometer yang mengguncang bengkulu pada Rabu 19/8/2020 tersebut getarannya juga terasa sampai dilahat, tapi banyak warga yang tak menyadari kalau sedikit goncangan tersebut akibat gempa yang terjadi dibengkulu.

Terpisah, Wawan Saputra warga Desa Banjar Negara Kecamatan Lahat Selatan kepada media ini mengaku getaran gempa tersebut turut dirasakan saat terbangun tidur pagi tadi di rumahnya.

“Iyo benar, pagi tadi teraso nian goyangannyo,” ujar singkat Aahmad Basyori warga Keluarahan Talang Jawa Selatan saat ditanya media ini terkait informasi gempa tersebut.

Sedangkan Doyok pedagang Pasar Lematang disambangi media ini juga menjelaskan ikut merasakan goyangan gempa pagi tadi saat dirinya berada di pasar.***

Bagikan

Komentar