oleh

DBD 107 Kasus, Dinkes Lahat Penaburan Abate Dan Fogging.

Jurnalis: Andika Eyek
Red – Barab Dafri. FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat mencatat per April 2020 sebanyak 107 kasus suspect Demam Berdarah Dengeu (DBD) Sebaran kasus tersebut berada di kawasan Kota Lahat yang mayoritas anak anak.

Kabid P2P Dinkes Lahat, Agustia Ningsih SKM Mkes melalui Kasi Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Deni Julianto SKM Mkes saat ditemui media ini menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Jumat (17/4/2020)

Dijelaskannya, himbauan itu berlaku untuk masyarakat Bumi Seganti Setungguan, karena kasus DBD tersebut tercatat untuk periode Januari, Februari, Maret. Berdasarkan laporan dari 33 Puskesmas, RSUD Lahat, RS DKT.

“Ya, itu laporan dari Puskesmas yang ada di Kabupaten Lahat dan Rumah Sakit. Paling banyak kasus di Puskesmas dalam Kotaz seperti Puskesmas Bandar Jaya ada 14 kasus, Prumnas 20, Pagar agung 9, Selawi 7, Usila 1 dan sisanya tersebar dibeberapa Puskesmas Kecamatan,” sambungnya.

Maka dari itu, lanjutnya, selain PHBS, Deni berharap kepada masyarakat menerapkan 3M agar terhindar dari penyakit dari nyamuk aedes aegypti tersebut. Bahkan, apabila mengalami gejala seperti demam tinggi, bintik bintik merah dikulit bahkan mimisan segera berobat ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

“Kita selain mensosialisasikan kepada masyarakat juga melakukan penaburan abate dan fogging. Apabila ada kasus kita langsung bergerak lakukan fogging, apabila tidak ada kita lakukan secara terjadwal,” pungkasnya.***

Bagikan

Komentar