oleh

HPSN di Lahat Meriah, Puluhan Kubikasi Sampah Jembatan Lematang Sirna

Jurnalis: Barab Dafri. FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Puluhan kubikasi sampah yang ada di Jembatan Benteng Lematang yang dikenal sebagai Icon Bumi Seganti Setungguan, sirna dibersihkan oleh DP Patner kerjasama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat, Polres Lahat, Sriwijaya Production, Sobat Lingkungan, Damkar Lahat, Kecamatan Lahat Selatan dan 50 Organisasi, Komunitas, perusahaan serta Instansi dinas lainnya di Kabupaten Lahat

“Kegiatan ini selain rangkaian helatan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) juga sebagai gagasan yang semata-mata hanya untuk menyatukan masyarakat dari berbagai elemen agar peduli lingkungan,” ujar Dodi Permana, selaku pihak Dari Bank Sampah DP Patner saat disambangi media ini disela-sela acara, Sabtu (22/2/2020).

Dodi yang merupakan penggagas kegiatan itu menambahkan bahwa gelaran acara tersebut menambah pertanyaan masyarakat baik melalui medsos maupun datang langsung ke lokasi acara, yakni kenapa pelaksanaan di Jembatan Benteng Lematang. Jawabnya, karena tujuan utama masyarakat luas baik dari wisatawan lokal dan luar Lahat itu ke indahnya tampilan jembatan ini.

“Jembatan Benteng Lematang kini menjadi muka dari Lahat Kota yang sudah seharunya kita peduli dan memperlihatkan keindahannya, kalau bukan kita yang peduli lantas siapa lagi dan kapan lagi,” sambungnya.

Dijelaskan Dodi, kegiatan ini merupakan langkah awal semoga ke depannya diharapkan dapat mengumpulkan melaksanakan gelaran ini kembali dan diharapkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya akan lebih tinggi, karena sampah sangat berbahaya dan merusak pemandangan lingkungan sekitarnya.

Sebelumnya, Kepala DLH Lahat, Ir H Agus Salman saat menyampaikan kata sambutan dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini menjelaskan tetap semangat kepada puluhan organisasi dan masyarakat untuk terus peduli dengan Lingkungan, terutama sampah yang menjadi salah satu fokus kita terhadap lingkungan.

Tampak terlihat di lokasi pelaksanaan, para pemuda dari organisasi pecinta alam menggunakan kemampuannya membersihkan Jembatan dengan cara bergelantungan menggunakan Safety Bidy Harnes untuk membersihkan bagian yang tak terjangkau.

Sementara itu, terlihat juga di bagian sungai para pemuda dari Lahat Rafting yang menggunakan perahu membersihkan bagian bawah jembatan. Kegiatan Berjalan Lancar dan Aman, dan sampah yang dikumpulkan dibawah ke Bank Sampah DP Partner untuk selanjutnya dipilah.***

Bagikan

Komentar