oleh

Simak Pahlawan Asal Lahat, Gugur Perang Lima Hari Lima Malam

Jurnalis Feriand
Red Barab Dafri FR

LAHAT SUMSEL, mediapagi.co.id – Hari yang sangat bersejarah bagi bangsa indonesia, 17 Agustus 2020 atau tepat 75 tahu lalu bangsa Indonesia meraih kemerdekaan yang merupakan perjuangan seluruh lapisan masyarakat, para pahlawan terdahulu rela berjuang mengorbankan apapun demi melawan para penjajah dan meraih kemerdekaan.

Berbagai sumber menyatakan salah satu pahlawan yang telah berhasil membawa Indonesia kepada Kemerdekaan tersebut itu berasal dari Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Adalah Lettu Amir Hamzah. Sosok pahlawan yang berasal dari Desa Manggul, Kecamatan Lahat ini punya andil besar dalam perjuangan bangsa ini. Sebagai seorang prajurit, Amir Hamzah, ikut dalam peperangan untuk mengusir para penjajah.

Bahkan, saat terjadinya perang lima hari lima malam melawan tentara Inggris 1946, Lett Amir Hamzah, merelakan nyawanya gugur akibat terkena serpihan mortir.

Bagi warga Kabupaten Lahat, Lett Amir Hamzah merupakan sosok kebanggaan. Seorang prajurit yang pantang menyerah dalam perjuanganya.

Bahkan, untuk menghormati jasa dan mengenang selalu perjuangannya, nama Lett Amir Hamzah, diabadikan sebagai nama jalan, di kawasan Benteng Kelurahan Pasar Baru Lahat, Kecamatan Lahat.

Jalan tersebut, selain selalui ramai oleh lalu lalang kendaraan, di sisi kiri dan kanan jalan terdapat banyak rumah warga, perkantoran, lokasi wisata bahkan aliran sungai lematang.

Banyak peninggalan jika ingin mengenang Letnan Amir Hamzah, seperti topi, baret, sarung tangan, tulisan barang milik Letnan Amir Hamzah yang diserahkan oleh pihak tentara untuk keluarga Letnan Amir Hamzah yang kini berada di museum A.K.Gani, Palembang.

Tak Hanya itu, saat ini adik kandungnya, Sumarni, yang kini tinggal di Jalan Gotong Royong, Kecamatan Lahat, Lett Amir Hamzah, sendiri beristrikan Zaudah, yang tak lain ibu kandung dari Mantan Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Riva’i, SE.

“Ketika ayahnda Let Amir Hamzah gugur ibu sedang mengandung enam bulan. Setelah lahir, diberikan nama Mira Rela Perwira. Kemudian, Zaudah menikah lagi dengan Maulana Riva’i , Maulana Rivai adalah adik kandung Letnan Amir Hamzah. Dari pernikahan tersebut Zaudah dan Maulana Riva’i mendapatkan 7 keturunan, salah satu yang bungsu bernama Saifudin Aswari Riva’i,” Tutur Aswari.

Letnan Amir Hamzah, sendiri disampaikan Aswari, dimakamkan di Makam Pahlawan Lahat. Sementara, istri dan Mira Rela Perwira di makamkan di pemakaman Talang Kapuk Lahat, berdekatan dengan Maulana Riva’i.

” Ya semoga perjuangan dan kegigihan beliau tidak saja menjadi inspirasi bagi keluarga namun juga seluruh lapisan masyarakat tanah air,” sampai Aswari mantan Bupati Lahat dua periode itu.***

Bagikan

Komentar